Cari disini

Sabtu, 26 Juni 2010

Cara Sukses Promosi di Internet

Akhirnya Saya Menulis lagi di blogku yang sangat sederhana ini, hari demi hari telah berlalu tanpa postingan, mungkin membuat pengunjung blog ku sebel (hehehe) karena setiap kali ia masuk ke blogku, setiap kali juga dia melihat isi postingan yang sama tanpa ada perubahan. Dan hal itu bisa membuat blogku ditingalin sama pengunjung... (eips... jangan dulu dech..hehe). Nah, agar blogku tidak ditinggalkan sama pengunjung, maka hari ini saya mencoba menulis sebuah postingan yang akan membantu sobat-sobat semuanya yaitu "Rahasia Sukses Promosi di Internet" (wew, keren banget tu judulnya, lanjut bacanya ah....). Postingan kali ini dibuat karena ada kaitannya dengan postingan terdahuluku "Bisnis Online Berbayar Pertamaku" dan ditujukan juga buat sobat-sobat yang sedang berkecimpung di Internet untuk menghasilkan uang atau disebut juga orang yang sedang menjalankan Bisnis Online dan tidak tertutup juga bagi sobat-sobat yang ingin memperkenalkan blognya kepada seluruh dunia (wew... jauh amat). Kita bisa memiliki blog dengan konten yang luar biasa bagusnya, tapi akan sia-sia jika blog tersebut tidak ada yang mengetahui keberadaannya, begitu juga dengan produk yang akan kita jual atau Bisnis Online yang sedang kita jalankan. Bisnis Online tidak akan berjalan jika kita hanya diam tanpa melakukan apa-apa. Nah, kali ini saya akan berbagi kepada sobat-sobat semuanya "Rahasia Sukses Promosi di Internet" maka persiapkanlah diri anda untuk Fokus Fokus Fokus Fokus Fokus + Praktek Praktek Praktek Praktek Praktek dan jangan lupa Kopi sama Rokok (hehehe... kebiasaan yang buruk). Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan Blog atau Bisnis Online yang sedang kita jalankan, yaitu :

 

  1. Promosi Offline

  2. Promosi Online

1. PROMOSI OFFLINE

Meskipun produk atau jasa yang kita miliki di jalankan lewat internet, tapi jangan meremehkan cara promosi offline, meski tidak wajib tapi cara promosi offline akan cukup mendukung promosi online kita. Promosi offline bisa kita lakukan melalui beberapa cara berikut ini :

  • Promosi Offline cara pertama bisa dilakukan melalui teman, kerabat, saudara, jelaskan tentang Blog atau Bisnis Online yang kita ikuti. Ajak teman, kerabat, saudara untuk mengunjungi URL Blog atau Bisnis Online kita.

  • Memasang iklan baris di media cetak, koran, tabloid dll

  • Menyebarkan flyer dan brosur ke berbagai warnet dan tempat umum lainnya

  • Mencantumkan URL Blog atau Bisnis Online di kartu nama

  • Memberitahukan secara langsung kepada setiap orang yang kita kenal tentang Blog dan Bisnis Online yang kita ikuti.

  • Bordiran URL Blog dan Bisnis Online di topi, kaos dll

  • Lewat striker yang ditempelkan di Motor atau Mobil kita
2. PROMOSI ONLINE
Ingat, tujuan pemasangan ini bukanlah sekedar untuk promosi langsung, tapi juga untuk menanamkan link Blog dan Bisnis Online kita ditempat lain. Ingatlah bahwa jika URL atau link kita terdapat diberbagai tempat/situs ini akan meningkatkan kepopuleran situs kita yang akan sangat berarti untuk menaikkan ranking situs kita di Search Engine.
1) Promosi Lewat Search Engine

Mendaftarkan alamat situs Blog dan Bisnis Online kita ke Search Engine atau situs pencari merupakan langkah pertama yang wajib kita lakukan dalam melakukan promosi online ini. Kunjungi situsnya, lalu cari link, tambah situs/tambah url/add url/submit your site/dll.... lalu isi judul dan deskripsi Blog dan Bisnis Online kita, dalam waktu yang singkat URL Blog dan Bisnis Online kita akan berada dalam database mereka. Jika Blog dan Bisnis Online ditujukan untuk konsumen masyarakat indonesia saja, maka daftarkan alamat situs kita ke Search Engine lokal berikut ini :
Dan masih banyak lagi yang bisa kita cari di http://www.google.com/ masukkan kata kunci "search engine indonesia" "directory indonesia" "mesin pencari" atau sejenisnya.
2) Promosi Lewat Direct Email Marketing
Salah satu promosi yang paling hot dan bisa langsung mengenai target adalah direct e-mail. Iklan atau e-mail marketing kita akan langsung masuk ke inbox setiap orang yang dituju. Kita perlu membuat sales letter yang baik jika kita melakukan promosi dengan metode ini. Untuk melakukan metode ini kita harus memenuhi syarat :

  • Bahasa harus sopan, singkat dan tidak bertele-tele

  • Karena kita tidak mengenal pemilik e-mail, sampaikan dulu permintaan maaf karena kita telah mengiriminya email dan katakan jika kita hanya ingin berbagi informasi.
3) Promosi Lewat Iklan Baris atau Iklan Mini Gratis
Memanfaatkan situs-situs iklan baris gratis merupakan salah satu cara yang populer, sarana yang paling sering dan paling akrab digunakan oleh para pengiklan adalah iklan mini. Paling sering digunakan tapi efektifitasnya memang tidak terlalu memuaskan. Untuk memasang situs di iklan baris gratis sangatlah mudah, kita hanya diminta mengisi form pemasangan iklan dan setelah itu iklan kita akan langsung terpasang di situs mereka. Dan hal yang harus kita perhatikan adalah : 1) Pilih situs iklan baris yang banyak pengunjungnya, 2) Pilih kategori yang tepat mengenai iklan kita, 3) Buatlah judul yang menarik dan membuat pengunjung situs tersebut tertarik untuk membaca iklan kita. Untuk memasang iklan baris online, sebaiknya kita menggunakan kata-kata yang menarik, tegas, tidak bertele-tele, hindari kata-kata yang terlalu mencolok dan kelewat bombastis.
4) Iklankan Blog atau Bisnis Online pada Google Adward

Jika kita memiliki budget yang banyak, apa salahnya kita memasang iklan yang berbayar, tapi ingat carilah situs pemasang iklan yang memiliki banyak pengunjung seperti Google Adward. Dan saya yaking apa yang kita lakukan itu tidak akan sia-sia. Jika kita promosikan Blog dan Bisnis Online kita di Google Adward, insyaallah Blog kita akan ramai dan Bisnis Online yang kita jalankan akan mendatangkan hasil yang luar biasa.
Wew... capek juga yach menjelaskannya.. mending ngerokok dan ngopi dulu ah, pengunjung mau gak (wkwkwkwkw). Penjelasan diatas merupakan sebagian kecil "Rahasia Sukses Promosi di Internet" karena masih banyak lagi cara-cara agar Blog dan Bisnis Online kita mendapatkan traffic yang banyak. Ingat...!!! Segala sesuatu tidak akan bisa terlaksana jika kita tidak Fokus dan Praktek pada suatu permasalahan.... Tunggu apalagi..... LANGSUNG HAJAR...(hehehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar