Cari disini

Rabu, 23 Juni 2010

Kemampuan Pohon Dalam Menghasilkan Oksigen


Secara rata-rata, dalam daur hidupnya setiap pohon bisa mencukupi oksigen (O2) untuk kebutuhan 18 (delapan belas) orang dan menyerap karbondioksida (CO2) dari mobil yang berjalan sekitar 41.834 km. Pohon besar menyerap kira-kira sebesar 120-240 pounds partikel kecil tau gas polutan. Hanya tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen di bumi ini (Jalal 2007).
Menurut Bernatzky (1978) pohon dengan tinggi 25 m dan diameter batang 15 m, akan mempunyai luas tutupan batang 160 m² dan luas permukaan daun sebesar 1600 m², akan menghasilkan oksigen sebanyak 1712 gram. Sedangkanuntuk 1 hektar lahan hijau dengan total luas permukaan daun 5 hektar akan membutuhkan 900 kg CO2 untuk melakukan fotosintesis selama 12 jam, dan pada waktu yang sama akan menghasilkan 600 kg O2.


  
Hubungan Antara Jumlah Manusia dan Emisi Yang Dikeluarkan Oleh Kendaraan Umum!
Udara yang mengandung oksigen oleh mahluk hidup digunakan untuk proses pembakaran bahan bakar (respirasi) di dalam tubuh organisme untuk menghasilkan energi agar dapat bertahan hidup. Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia sekitar 67% dari tubuh manusia dan setiap manusia mengkonsumsi oksigen dalam jumlah yang sama sebesar 600 liter/hari atau 840 gram/hari (Gerakis 1974 dalam Wisesa 1988).
Dengan meningkatnya perkembangan pembangunan dan penduduk di Kota, terjadi penurunan luas lahan hutan atau vegetasi. Peningkatan kendaraan umum dan jumlah penduduk akan berimplikasi pada peningkatan gas buangan CO2 dan CO ke udara. Dengan semakin meningkatnya populasi penduduk, maka berdampak juga terhadap produktivitas pohon dan berpengaruh terhadap kualitas udara yang mengandung oksigen karena pencemaran udara yang disebabkan kendaraan umum.
Dari data yang diperoleh, emisi yang dikeluarkan oleh satu kendaraan umum adalah sebesar 252 ton/hektar (Andrea 2008). Angka ini menyebabkan polusi besar dan merupakan salah satu penyebab Global Warming yang menjadi isu dunia.

 
Luas Ideal Lahan Hijau Di Perkotaan?
Untuk saat ini, luas ideal lahan hijau di perkotaan adalah 40%. Itu pun luas minimalnya, jika kurang dari angka 40%, akan dirasa kurang dalam menangani masalah Global Warming ke depannya. Untuk itu sangat disarankan bagi tiap-tiap rumah mempunyai tanaman hijau sebagai penopang kebutuhan oksigen dan menyerap CO2 dan CO di dalam atau pun di luar rumah. Selain itu, beberapa jenis tanaman juga punya “kemampuan khusus”, misalnya: mengurangi polusi, menghisap asap rokok, mendatangkan kupu-kupu yang membantu proses penyerbukan, memiliki daya serap air yg tinggi, dapat menarik permukaan air tanah supaya lebih dekat ke permukaan, membantu menyimpan air di bawah tanah, dll. Sumber kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar